Sabtu, 02 Juli 2011

Jawaban Ujian Tengah Semester Pengantar Teknologi Informasi

A.        Jelaskan apa yang dimaksud dengan: 
1.             Teknologi Informasi 
Teknologi Informasi ialah Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis. Selanjutnya, berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam kegiatan yang terjadi di Teknologi Informasi adalah Record, Store, Process, Retrieve, Transmit, dan Receive.

2.             Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. 

3.             Piranti Masukan dan Piranti Keluaran
         a. Piranti Masukan (Input Device)
Masukan adalah suatu proses perekaman, pemasukan data computer ke dalam system computer dengan cara memberikan perintah ke komputer.
 
Piranti masukkan dikelompokkan menjadi lima kelompok, yaitu
1.      Keyboard
2.      Audio
3.      Pointing
4.      Scanning
5.      Specielized

1. Keyboard
Keyboard merupakan salah satu piranti masukan yang paling utama berinteraksi dengan system computer, piranti terbaik untuk masukan adalah berupa teks. Tombol pada Keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu :
·         Tombol Fungsi (Function key)
·         Tombol Alphanumerik (Alphanimeric key)
·         Tombol control (control key)
·         Tombol numeric  (Numeric key)
 Kelemahan keyboard adalah pada saat melaksanakan pekerjaan misalnya dari semua menu, keyboard ini kurang akurat, lebih lambat, dan kurang disukai oleh pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya.
Tipe keyboard :
·         Enhanced oe Extended keyboard : typically 101 keys lein out in the QWERTY fashion : connected to the computer by a serial cable
·         Cordless keyboard : uses infrared or radio wave signals
·         Ergonomic keyboard : designed to help prevent Cumulative Trauma Disorder (CTD) or damage to nerve tissues in the wrist and hand due to repeated motion.
·         Keyboard QWERTY  didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik. Umumnya orang sudah familiar dengan layout keyboard yang disebut dengan “QWERTY”, yaitu susunan huruf tombol kiri atas.Rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874
2. Audio
Audio dikelompokkan menjadi 3, yaitu
a.       Sound
b.      Mikropon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik.
       Speech recognition is a type of input in which the computer recognizes words spoken into a microphone
       Special software and a microphone are required
       A microphone – an input device that converts sound input into electrical signals
       Latest technology uses continuous speech recognition where the user does not have to pause between words
3.   Automatic Speech Recognition
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemrosesan bahasa
4.  Touchtone
            5.   Pointing Devices
Pointing merupakan piranti masukan yang dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur pada ruang 2-Dimensi atau 3-Dimensi. 

                     b. Piranti Keluaran (Output Device)

             Piranti keluaran (output device) adalah piranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer. Berdasarkan hasil keluarannya piranti keluaran dapat di golongkan menjadi:
1. Softcopy
2. Hardcopy


4.             Perangkat Lunak 
        Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
  • Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
  • Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
  • Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  • Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  • Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
  • Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  • Perangkat lunak gratis (freeware)
  • Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
  • Perangkat lunak perusak (malware)


4.             Program Aplikasi
Program Aplikasi (Application Programs) adalah program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu atau Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik. PC Software Characteristics are user-friendly, easy, Intuitive, and minimum training and documentation needed to use. Adapun pembagian Program Aplikasi antara lain: Word Processing (Pengolah kata), Spreadsheet (Pengolah angka), Presentasi, Database (Pengolah data), Design Grafis (Pengolah Gambar), CAD (Computer Aid Design), Multimedia, dan Internet Browser.


Contoh program aplikasi adalah :
  1. Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contoh Word Processing: Microsoft Word, Word Star, Open Office Writer, Word Perpect, dan Chiwriter.
  2. Spreadsheet merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka, contoh Spreadsheet: Microsoft Excel, Open Office Calc, Lotus, dan Star Office Spreadsheet
  3. Presentasi merupakan aplikasi yang berorientasi pada pembuatan presentasi, contoh Presentasi: Microsoft Power Point, Open Office Impress, dan Macromedia Flash.
  4. Database merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah data, contoh Database: Microsoft Access, dBase III, Foxpro, dan Open Office Base.
  5. Design Grafis merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah gambar, Contoh Design Grafis: Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft, Picture Manager, Open Office Draw, dan Paint.
  6. CAD (Computer Aid Design) merupakan aplikasi yang berorientasi pada rancangan bangunan dan mesin, Contoh CAD: AutoCAD dan 3D max.
  7. Multimedia Design merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah data menjadi hiburan, Contoh Multimedia Design: Winamp, Media Player, Real Player, dan Cyberlink Power DVD.
  8. Internet Browser merupakan aplikasi yang digunakan mencari informasi lewat internet, contoh Internet: Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Yahoo Messenger.
  9. Program Bantu Sistem Operasi (Utility System), adalah program yang digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja sistem operasi, Contoh Utility System antara: Program bantu untuk mengelola file, contoh: Norton Comander, Program bantu untuk mengecek hardisk yang rusak, contoh: Norton Disk Doctor, Program bantu untuk mengompres file, contoh: Winzip, Program bantu untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, contoh: TuneUp Utilities, dan Program bantu untuk menjaga keamanan komputer, contoh: Anti Virus.
  10. Software aplikasi yang umum digunakan dan perlu dipelajari adalah: Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.
  11. Perangkat Lunak (Dikenal dengan sebutan program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki, contoh Microsoft Office 2003 
      
B.      Buatlah tulisan yang isinya tentang peranan teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja profesi Saudara, judul dan banyaknya kalimat bebas!

         Judul : Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan
          
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia.
 
           Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran,terjadi beberapa pergeseran atau perubahan diantaranya adalah:
  1. Ruang Kelas dimana saja
  2. pembelajaran lebih menarik dan interaktif
  3. lebih memacu kreatifitas anak
  4. proses belajar lebih menyenangkan
        

Tidak ada komentar: